Lokakarya “Team Building” PTSM dan Dinas Pertambangan & Energi

PTSM dan Dinas Pertambangan & Energi Kab. Madina sama-sama berpandangan bahwa kerjasama antara kedua lembaga ini pada masa-masa lalu belum terjalin erat. Keduanya berpendapat perlu berbagai upaya untuk menumbuhkan, memupuk dan mengembangkan semangat kerjasama dalam pelaksanaan semua tahap proyek pertambangan PTSM di Kabupaten Madina ini.

Menyadari hal itu, kedua lembaga tersebut kemudian menyelenggarakan Lokakarya “Team Building (Membangun Kerjasama TIM)” yang dilaksanakan di Panyabungan pada tanggal 11 Agustus 2011. Lokakarya ini dihadiri oleh 7 personil Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Madina dan 8 staff senior PTSM.

Lokakarya dimulai dengan sambutan dari General Manager for Business Development PTSM, Paul du Plessis dan Kepala Bidang Pertambangan, Parmonangan Hutasuhut, dilanjutkan dengan penayangan video tentang PTSM dan kegiatannya di Kabupaten Madina, presentasi tentang Sumberdaya Manusia, Lingkungan Hidup, Geologi, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, serta Pengembangan Masyarakat.

Sessi berikutnya adalah permainan dan praktek kerjasama tim, dimana peserta dibagi dalam dua kelompok yang masing-masing terdiri dari campuran personil PTSM dan staf Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Madina. Sessi ini dimaksudkan untuk menyadarkan peserta bahwa memupuk dan mengembangkan kerjasama tim itu tidak mudah, namun bukan mustahil dilakukan.

Lokakarya ini diakhiri dengan kegiatan curah pendapat tentang apa yang harus di lakukan ke depan untuk keberhasilan proyek pertambangan PTSM. Diantaranya peserta lokakarya menyarankan pembentukan tim sosialisasi kepada masyarakat, pelibatan tokoh adat dan agama dalam sosialisasi, pembentukan komite pendataan dan seleksi calon tenaga kerja lokal, membuat rencana yang jelas tahun demi tahun, penegakan hukum yang konsisten, melaksanakan program pengembangan masyarakat yang disusun bersama tokoh dan warga masyarakat, melakukan perdamaian dengan masyarakat Hotagodang Muda (Tanotiris) dalam cara yang tidak melanggar hukum, PTSM jangan membuat janji yang tidak dapat dipenuhi, dan karyawan PTSM harus diberikan orientasi tentang adat istiadat dan tata nilai yang dianut oleh masyarakat di daerah Kabupaten Mandailing Natal.

Kegiatan ini adalah langkah baru kerjasama tim antara PTSM dengan Dinas Pertambangan dan Energi Kab. Madina. Upaya-upaya lain untuk mewujudkan kerjasama akan terus dilakukan dengan lebih intensif lagi di masa mendatan.

Comments are closed.