Lumpur Pemboran Yang Ramah Lingkungan

Pemboran ekplorasi untuk pertambangan emas biasanya menembus batuan yang keras. Kalau pemboran dilakukan tanpa bahan pendingin dan pelicin, maka batang bor yang berupa pipa dapat menjadi panas dan mudah patah.

Oleh karena itu, dalam pemboran yang menembus batuan ini digunakan bahan pendingin dan pelicin berupa lumpur pemboran atau dikenal dengan drilling mud.

Lumpur pemboran yang digunakan terbuat dari bahan yang tidak mengandung bahan kimia yang beracun. Bahan dasar lumpur pemboran ini adalah bentonite, semacam tanah liat atau cadas yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi lumpur.

Bentonite juga merupakan bahan dasar pembuatan bedak. Jika memang bentonite ini berbahaya, tentu muka orang-orang yang menggunakan bedak juga bisa rusak.

Nyatanya tidak demikian.

Oleh karena itu, lumpur pemboran yang terbuat dari bentonit ini sangat ramah lingkungan.

Selain lumpur pemboran berbasis bentonit, PTSM juga menggunakan lumpur pemboran lainnya, seperti Ausgel, AusPlug, Calcium Chloride, CR 650, Gypset 30, Liqui-Pol, Portland Cement (semen biru), Potassium Chloride, Soda Ash dan Well Clean (pembersih sumur).

Kesemua bahan ini bukan bahan kimia beracun. Dan bahan-bahan ini tidak merusak lingkungan hidup. Lumpur pemboran ini dipakai berulang-ulang. Ketika pemboran berlangsung, lumpur ini akan masuk dan keluar lubang pemboran dan ditampung di dua kolam berukuran 1,5 m X 1,5 m X 1.5 meter dan dipakai ulang.

Comments are closed.